KEBIJAKAN PRIVASI AIRA MOBILE
Melalui Kebijakan Privasi ini, Kami ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan layanan perbankan bagi Anda baik saat ini maupun di masa yang akan datang, dengan tetap memperhatikan privasi dan keamanan Data Pribadi Anda yang akan selalu menjadi prioritas bagi Kami dalam penyelenggaraan layanan perbankan melalui mobile banking Aira Mobile. Oleh karena itu, Kebijakan Privasi ini akan menguraikan secara transparan bagaimana cara Kami mengumpulkan, menyimpan, mengolah, menganalisis, dan menggunakan Data Pribadi Anda sebagaimana dijabarkan di bawah ini, yang mana merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
1. Umum
Kebijakan Privasi ini berlaku untuk layanan-layanan yang disediakan oleh PT Bank Nano Syariah (“Nanobank Syariah” atau “Kami”) melalui platform mobile banking Nanobank Syariah (atau dikenal sebagai “Aira Mobile”) dan menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menggunakan, menyimpan, mentransfer, melindungi dan mengungkapkan “Data Pribadi” Anda maupun “informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi” atau informasi pribadi lainnya, sehubungan dengan akses Anda ke dan penggunaan Aira Mobile.
|
|
Dari waktu ke waktu, Anda harus melakukan pengkinian Data Pribadi Anda kepada Kami sehubungan dengan akses dan penggunaan Aira Mobile Anda. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, maka Anda menyatakan telah memahami dan menyetujui ketentuan-ketentuan dalam pemberitahuan ini sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, pemberian dan pengungkapan Data Pribadi Anda sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
|
|
Apabila Anda tidak memberikan Data Pribadi tersebut kepada Kami, maka hal tersebut dapat menyebabkan kami tidak dapat menyediakan layanan-layanan perbankan melalui Aira Mobile secara maksimal dalam kaitannya dengan kepatuhan Kami dalam menerapkan suatu peraturan perundang-undangan atau regulasi-regulasi yang diterbitkan oleh instansi atau otoritas lainnya yang berwenang, termasuk namun tidak terbatas pada Bank Indonesia dan atau Otoritas Jasa Keuangan.
|
2. Data Pribadi
Data Pribadi yang dimaksud adalah data yang dapat mengidentifikasikan diri Anda, yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada, dan/atau melalui Aira Mobile menyangkut informasi mengenai pribadi Anda, seperti namun tidak terbatas pada nama, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, rekening bank, informasi kartu syariah/pembiayaan dan/atau kartu debit, jenis kelamin, nomor identitas yang diterbitkan oleh instansi atau otoritas yang berwenang (termasuk KTP, SIM, dan Paspor), spesimen tanda tangan, rincian transaksi (contoh : pemasukan, pengeluaran, dan/atau riwayat transaksi perbankan), riwayat gambar dan rekaman suara percakapan Anda dengan Kami, pajak dan informasi asuransi, informasi tentang profil risiko/ investasi/ tujuan investasi/ kepentingan bisnis dan aset, dan/atau umpan balik/tanggapan yang diberikan kepada Kami.
|
2.1 |
Perolehan dan/atau Pengumpulan Data Pribadi
Nanobank Syariah dapat memperoleh semua Data Pribadi Anda baik langsung (dari Anda) maupun tidak langsung (melalui pihak ketiga) setiap saat, diantaranya namun tidak terbatas pada :
a. |
Data/informasi yang diperoleh Nanobank Syariah pada saat Anda mengakses Aira Mobile, termasuk sehubungan dengan informasi tentang komputer, perangkat telepon, bagian dari perangkat keras lain, perangkat lunak, serta jaringan telekomunikasi yang digunakan oleh Anda untuk mengakses dan menggunakan Aira Mobile (termasuk alamat IP Pengguna, lokasi geografis, tipe dan versi browser/platform, penyedia layanan internet, sistem operasi, sumber rujukan/laman keluar, lama kunjungan, tampilan halaman, dan istilah pencarian apapun yang Anda gunakan) (“Informasi Perangkat”);
|
b. |
Data/informasi yang diperoleh Nanobank Syariah pada saat Anda melakukan pendaftaran (registrasi) atau pembukaan atas produk-produk/layanan-layanan Nanobank Syariah, termasuk yang berkaitan dengan data/informasi yang diperoleh Nanobank Syariah atas transaksi-transaksi Anda dikemudian hari;
|
c. |
Data/informasi yang diperoleh Nanobank Syariah pada saat Anda melakukan pengkinian data/informasi dari waktu ke waktu.
|
Pihak ketiga sebagaimana dimaksud diatas adalah termasuk agen, vendor, mitra, pemasok, kontraktor, dan/atau pihak lainnya yang memberikan layanan kepada Nanobank Syariah atau yang bekerjasama dengan Nanobank Syariah, dimana pihak ketiga tersebut bertanggung jawab untuk memperoleh persetujuan dari pihak-pihak yang berwenang yang diperlukan dalam pengumpulan dan pengungkapan Data Pribadi Anda kepada Nanobank Syariah, dan Nanobank Syariah akan melakukan pengolahan Data Pribadi dengan berpedoman pada persetujuan yang telah diperoleh oleh pihak ketiga tersebut.
|
2.2 |
Penggunaan Data Pribadi
Selain yang diijinkan secara tegas oleh perundang-undangan yang berlaku, Nanobank Syariah dapat mengolah, menganalisis, serta mempergunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan sebagai berikut :
1 |
Mengembangkan dan menyediakan fasilitas/layanan perbankan, terutama produk atau jasa baik yang disediakan langsung oleh Nanobank Syariah maupun melalui Nanobank Syariah, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. |
Melaksanakan investasi, perbankan, transaksi komersial atau lainnya dan kliring atau melaporkan transaksi tersebut;
|
b. |
Melaksanakan penelitian, perencanaan dan analisis statistik; atau
|
c. |
Analisis untuk tujuan mengembangkan atau memperbaiki produk/jasa, layanan, keamanan, kualitas layanan, dan iklan strategi;
|
|
2 |
Melakukan penilaian dan memproses aplikasi, instruksi atau permintaan dari Anda;
|
3 |
Berkomunikasi dengan Anda sehubungan dengan penyediaan produk, layanan, dan fasilitas perbankan, termasuk pembaharuannya, setiap penambahan, perluasan, dan penggantian atas produk tersebut, layanan dan fasilitas perbankan (baik yang disediakan oleh Nanobank Syariah maupun melalui Nanobank Syariah);
|
4 |
Mengelola infrastruktur dan operasi bisnis Nanobank Syariah dan sesuai dengan kebijakan dan prosedur internal;
|
5 |
Menangani, menyelidiki, dan menanggapi segala keluhan, klaim atau gugatan Anda sebagai nasabah Nanobank Syariah;
|
6 |
Tujuan verifikasi identitas Anda guna penyediaan fasilitas perbankan, produk ataupun jasa;
|
7 |
Melakukan pemeriksaan kredit, pemutaran atau cek uji tuntas yang mungkin diperlukan menurut hukum yang berlaku, peraturan atau kebijakan;
|
8 |
Mematuhi semua hukum yang berlaku, peraturan, aturan, arahan, perintah, instruksi dan permintaan dari setiap otoritas lokal atau asing, termasuk regulasi, pemerintah, pajak, dan pejabat penegak hukum atau pihak berwenang lainnya;
|
9 |
Menegakkan kewajiban yang terhutang kepada Nanobank Syariah;
|
10 |
Mengawasi produk dan layanan yang disediakan oleh atau tersedia melalui Nanobank Syariah;
|
11 |
Memenuhi kewajiban dan persyaratan yang dikenakan kepada Kami dari waktu ke waktu oleh biro kredit atau layanan berbagi informasi kredit dimana kita adalah anggota atau terdaftar;
|
12 |
Menciptakan dan memelihara kredit dan model risiko yang terkait;
|
13 |
Pelaporan keuangan, pelaporan peraturan, pelaporan manajemen, manajemen risiko (termasuk eksposur kredit pengawasan), audit dan pencatatan;
|
14 |
Memungkinkan penerima pengalihan sebenarnya atau yang diusulkan atau pengalihan, peserta atau sub-peserta hak atau kewajiban Bank Sinarmas untuk mengevaluasi setiap transaksi yang diusulkan; dan/atau
|
15 |
Mencari nasihat profesional, termasuk nasihat hukum.
|
Selain tersebut diatas, Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan yang ditetapkan dalam syarat dan ketentuan SimobiPlus Syariah maupun syarat dan ketentuan lain-lainnya yang diperuntukan khusus atas masing-masing produk, fasilitas, maupun layanan perbankan Kami.
|
2.3 |
Penggunaan Data Pribadi untuk tujuan Pemasaran
Nanobank Syariah dapat menggunakan Data Pribadi Anda untuk melakukan kegiatan pemasaran dalam berbagai cara dan bentuk, termasuk tetapi tidak terbatas pada surat elektronik, layanan SMS/ sosial media, telepon, faksimili dan layanan mobile messaging lainnya, dengan tetap berpedoman pada ketentuan Bank Indonesia / Otoritas Jasa Keuangan serta undang-undang perlindungan data dan privasi yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
|
|
Dalam hal demikian, Anda akan diminta untuk memberikan persetujuan terhadap aktivitas pemasaran yang akan dilakukan oleh Nanobank Syariah sesuai dengan ruang lingkup dan cara yang sepenuhnya sesuai dan mematuhi semua syarat dan ketentuan Aira Mobile maupun layanan/produk/fasilitas Nanobank Syariah. Jika Anda bersedia memberikan persetujuan tersebut, maka dapat Kami sampaikan bahwa :
1 |
Data Pribadi tertentu yang kami peroleh dari waktu ke waktu dapat digunakan dalam kegiatan pemasaran dan promosi layanan Nanobank Syariah maupun mitra-mitra yang bekerjasama dengan Nanobank Syariah;
|
2 |
Kami dapat memberikan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga tertentu untuk digunakan dalam memasarkan barang dan layanan pihak ketiga, termasuk
(i) |
afiliasi maupun perusahaan anak Kami,
|
(ii) |
rekanan bisnis, dan
|
(iii) |
pihak ketiga lainnya;
|
|
3 |
Persetujuan Anda atas penggunaan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan pemasaran akan didapatkan dengan cara memilih untuk memberikan tanda centang pada kotak atau dengan meng-klik tanda “setuju” maupun “lanjutkan” atau dalam bentuk indikasi positif lainnya yang menunjukkan persetujuan dan/atau tidak adanya keberatan, termasuk juga apabila persetujuan diberikan dalam bentuk tanda tangan basah maupun tanda tangan elektronik;
|
4 |
Setiap saat Anda tidak ingin melanjutkan, menggunakan atau memberikan Data Pribadi Anda kepada pihak lain untuk digunakan dalam pemasaran langsung sebagaimana dijelaskan di atas dan dalam persetujuan yang terkait maka Anda dapat menggunakan hak untuk menolak dengan memberitahukan maksud tersebut kepada Kami melalui saluran komunikasi atau media-media yang disediakan oleh Kami.
|
|
Untuk menghindari keraguan, pengungkapan Data Pribadi Anda akan tetap berpedoman pada ketentuan perundang-undangan dan regulasi yang diterbitkan oleh otoritas yang berwenang.
|
2.4 |
Pengungkapan Data Pribadi kepada Pihak Ketiga
Dari waktu ke waktu dan sesuai ketentuan hukum yang berlaku, Data Pribadi Anda dapat Kami berikan kepada pihak-pihak tersebut dibawah ini dengan tujuan-tujuan sebagaimana diatur dalam ketentuan Bagian 2.2 perihal Penggunaan Data Pribadi di atas, meliputi :
1 |
Agen, kontraktor, dan penyedia layanan pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Sinarmas dalam menyediakan layanan perbankan untuk Anda, termasuk untuk mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, riset, survey, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk dan layanan serta layanan perpanjangan pembayaran;
|
2 |
Entitas-entitas yang memiliki hubungan referensi bisnis atau perjanjian-perjanjian komersial lainnya dengan Nanobank Syariah;
|
3 |
Merchant dan organisasi lain-lainnya, seperti asosiasi kartu, jaringan pembayaran, kepada atau melalui siapa pembayaran-pembayaran tersebut dilakukan dengan menggunakan Aira Mobile atau layanan-layanan Nanobank Syariah;
|
4 |
Institusi keuangan pihak ketiga, bank, agen penerimaan, lembaga pembiayaan, dan agen kredit;
|
5 |
Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah dan pihak berwenang atau instansi lainnya dimana Nanobank Syariah berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan, permintaan yang sah, dan hukum yang berlaku;
|
6 |
Entitas-entitas yang terlibat dalam penggabungan, pengambilalihan, transaksi pembiayaan atau usaha patungan dengan Kami.
|
|
Untuk menghindari keraguan, Kami ingin menegaskan bahwa Kami tidak akan menjual Data Pribadi Anda kepada pihak manapun dan akan tetap berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Anda sesuai perjanjian yang berlaku dan / atau syarat dan ketentuan yang berlaku yang mengatur hubungan Kami selaku Nanobank Syariah dengan Anda selaku nasabah Nanobank Syariah.
|
|
3. Keamanan Penyimpanan Data
Nanobank Syariah akan mengambil semua langkah yang wajar dan semaksimal mungkin, termasuk memberikan perlindungan teknis, administrasi dan fisik untuk membantu melindungi Data Pribadi Anda dari suatu risiko kehilangan, penyalahgunaan dan akses tanpa izin, pengungkapan, perubahan dan penghancuran yang tidak diinginkan.
|
|
Nanobank Syariah akan menyimpan dan memastikan penyedia layanan Nanobank Syariah untuk menyimpan Data Pribadi Anda hanya selama dibutuhkan untuk tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan persyaratan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
|
|
Bagi Anda yang menggunakan Aira Mobile, maka informasi pendaftaran, informasi Akun Anda (jika ada dan sesuai pengaturan yang ditetapkan oleh Nanobank Syariah), serta pemrosesan transaksi Anda dapat diakses dengan menggunakan kata sandi, kode PIN, ataupun metode pengamanan lainnya yang ditetapkan, sehingga Kami ingin mengingatkan kembali kepada Anda untuk tidak mengungkapkan kata sandi atau kode PIN atau One Time Password (OTP) atau kunci pengamanan lain milik Anda kepada pihak manapun juga termasuk kepada karyawan, petugas, agen, dan perwakilan Kami, dan Kami tidak mengetahui dan tidak akan pernah meminta kata sandi Anda dalam komunikasi melalui telepon, media email, atau dalam media apapun. Jika Anda menggunakan perangkat yang dapat digunakan oleh orang lain (perangkat publik), maka Anda harus memilih untuk tidak menyimpan informasi log-in Anda (misalnya: ID pengguna dan kata sandi) pada perangkat tersebut. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun Anda, termasuk kata sandi, kode PIN, dan One Time Password (OTP) dari siapapun dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.
|
|
Nanobank Syariah akan menerapkan sistem pengendalian informasi yang teruji dan memadai memadai sesuai standar perbankan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Akan tetapi, Kami ingin mengingatkan bahwa transmisi informasi melalui saluran komunikasi tidak sepenuhnya aman dan bebas dari risiko apapun, sehingga setiap transmisi informasi oleh Anda kepada kami memiliki risiko keamanan, yang mana risiko tersebut Kami anggap telah diketahui dan dipahami oleh Anda selaku pengguna Aira Mobile. Selain daripada hal tersebut, Kami tidak menjamin bahwa data yang Anda berikan sepenuhnya tidak akan tertahan/terganggu saat sedang dikirim kepada Kami, begitu pula sebaliknya.
|
4. Informasi Lebih Lanjut
Apabila terdapat pertanyaan ataupun keluhan Anda terhadap layanan Aira Mobile Kami, maka silahkan menghubungi Layanan Pelanggan (Customer Care) Nanobank Syariah sebagai berikut :
|
Agen Bank Nano Syariah aira care
|
Telepon : 1500153 atau (021) 50188888
|
Email : airacare@nanobanksyariah.id
|
WhatsApp Chat : 08826 1500 153
|
5. Ketentuan Lain-Lain
1. |
Kebijakan Privasi ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
|
2. |
Apabila terdapat perselisihan dalam interpretasi dan implementasi Kebijakan Privasi ini, maka penyelesaiannya dapat dilakukan secara musyawarah terlebih dahulu. Dalam hal musyawarah tidak terselesaikan, maka Anda sepakat untuk menyelesaikan perselisihan yang timbul melalui domisili hukum Kami di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
|
3. |
Kebijakan Privasi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal terjadi inkonsistensi dan/atau pertentangan antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan dianggap menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia.
|
Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini dan/atau menggunakan layanan perbankan Nanobank Syariah pada Aira Mobile, maka Anda dianggap telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuan yang tercantum didalamnya.
|
|
|